Ekonomi WEB
EKONOMI WEB
Ekonomi sendiri adalah sebuah ilmu yang mempelajari tentang bagaimana manusia mencukupi kebutuhan hidupnya. atau dapat diartikan sebuah kondisi yang merujuk pada pengertian tentang aktivitas manusia. Khususnya pada usaha untuk bisa mengolah sumber daya yang ada di lingkungan sekitarnya, sebagai alat pemenuh kebutuhan hidup.
Seiring majunya teknologi informasi, aktivitas dalam ruang lingkup ekonomi kini dapat di kerjakan dengan cepat, ditambah lagi dengan adanya jaringan internet, ekonomi dapat dilakukan secara online. hal ini tentunya dapat menggantikan peranan fisik ekonomi,
dengan adanya teknologi internet pastinya sangat berpengaruh terhadap beberapa hal dalam ekonomi, berikut adalah beberapa contoh dari pengaruh web terhadap ekonomi:
Iklan (ADVERTISING)
Iklan adalah berita yang bertujuan untuk memberitahukan kepada masyarakat luas dan khalayak ramai tentang produk dan atau jasa yang dimiliki oleh perusahaan dan siap untuk dipindahkan hak kepemilikannya melalui proses jual beli.
Secara garis besar iklan adalah promosi benda-benda seperti meja baru, atau jasa seperti kantor pos, tempat usaha, ide, dan lain sebagainya yang harus dibayar oleh sebuah sponsor. Beberapa keuntungan dengan menggunakan iklan pada Web yaitu:
- Memberi keuntungan kepada agen iklan.
Dengan adanya web, agen iklan lebih mudah mempromosikan produknya melalui kerjasama atau kontrak dengan pemilik website, modal yang dikeluarkanpun tidak sebesar jika iklan tersebut berbentuk fisik atau cetak
- Meningkatkan pemasaran produk.
kerena mudahnya ber iklan lewat web, pastinya iklan pada halaman web dapat lebih interaktif, hal inipun dapat meningkatkan daya tarik dari prodak yang dipasarkan.
- Iklan menjaadi salah satu bidang bisnis yang menjanjikan.
- Industri periklanan menjadi salah satu pilihan kerja yang menjanjikan.
- Seiring dicanangkannya industri kreatif, iklan menjadi salah satu profesi bergengsi.
JUAL/BELI ONLINE (E-Commerce)
Jual/Beli Online Adalah dimana suatu website mempunyai peran Transaksi secara online, atau juga bisa merupakan suatu cara berbelanja atau berdagang tanpa bertemu langsung, ini disebut direct selling yang memanfaatkan fasilitas Internet dimana terdapat website yang dapat menyediakan layanan “get and deliver“. E-commerce akan merubah semua kegiatan marketing dan juga sekaligus memangkas biaya-biaya operasional untuk kegiatan trading (perdagangan) .
dengan adanya E-Commerce tentu memiliki kelebihan dan kekurangan.
Dampak Positive:
- Dapat meningkatkan market exposure (pangsa pasar).
- Menurunkan biaya operasional(operating cost).
- Melebarkan jangkauan (global reach).
- Meningkatkan customer loyality.
- Meningkatkan supplier management.
- Memperpendek waktu produksi.
- Meningkatkan value chain (mata rantai pendapatan).
Dampak negativenya, yaitu :
1. Kehilangan segi finansial secara langsung karena kecurangan. Seorang penipu mentransfer uang dari rekening satu ke rekening lainnya atau dia telah mengganti semua data finansial yang ada.
2. Pencurian informasi rahasia yang berharga. Gangguan yang timbul bisa menyingkap semua informasi rahasia tersebut kepada pihak-pihak yang tidak berhak dan dapat mengakibatkan kerugian yang besar bagi si korban.
LELANG ONLINE (E-AUCTION)
Lelang adalah proses membeli dan menjual barang atau jasa dengan cara menawarkan kepada penawar, menawarkan tawaran harga lebih tinggi, dan kemudian menjual barang kepada penawar harga tertinggi.
Lelang online merupakan Suatu lelang/tawar menawar yang dilakukan secara online. Di lelang online ini sendri terdapat keuntungan dan kelemahan nya. Inilah beberapa keuntungan dan kelemahan dari lelang online :
Keuntungan dari lelang online
· Tidak terbatas oleh waktu dan tempat
· Jumlah penawar dan penjual yang besar
· Jaringan Ekonomi
Kelemahan dari lelang online
· Sering terjadi kegagalan proses up load penawaran pada paket lelang,
· Penawaran tidak sesuai syarat (underpriced bid) yang masih sering terakomodir,
· Penanggung-jawab dari system online tidak jelas dan
· Security system terkait kerahasiaan data penawaran juga tidak jelas.
Sumber:



No comments: